Thursday, August 2, 2012

Beberapa Catatan Menarik Liga Champion Edisi Ke-57 Tahun ini

Malam ini (Selasa, 13 September 2011) putaran Grup UEFA Champions League edisi ke-57 resmi dimulai. Dari 32 tim yang terbagi rata di 8 Grup (A-H), bakal saling mengadu kekuatan demi prestise dan profit. Liga Champion yang bergelimang uang memang menjadi magnet yang luar biasa, baik bagi pemain, pemilik klub atau kita sebagai penikmat.

CIES Football Observatory dari University of Neuchâtel di Swiss baru saja mengumumkan hasil pengamatan mereka. Anda pasti akan terlihat pintar usai membaca fakta-fakta berikut:



1 Ajax memiliki skuad dengan rataan usia termuda dari seluruh peserta UCL. Rata-rata umur mereka 23.61 tahun.

2 Lyon menjadi peserta dengan skuad termuda kedua, yaitu 24 tahun.

3 AC Milan -seperti biasa- menjadi peserta dengan rata-rata usia pemain paling tua, hanya sedikit di bawah 30 tahun.



4 Chelsea menjadi peserta dengan skuad paling berpengalaman di Liga Champion. Rata-rata pemain The Blues telah bermain di UCL sebanyak 35, 17 pertandingan.

5 AC Milan menjadi peserta kedua yang memiliki skuad penuh pengalaman di UCL. Rata-rata pemain juara Serie A musim lalu telah bermain sebanyak 33,76 pertandingan.

6 Spanyol, juara Eropa dan juara dunia, menjadi negara paling banyak menebar pemain di Liga Champion, sebanyak 81 pemain. Perancis berada di posisi kedua dengan 77 pemain. Sementara Brasil justru berada di posisi ketiga dengan menyumbangkan 69 pemain.



7 Marseille memiliki skuad paling gres dimana rata-rata para pemainnya hanya bergabung selama 1,5 musim saja. CSKA Moscow malah menjadi peserta dengan skuad paling stabil. Selama 3,76 musim rata-rata para pemainnya telah bermain bersama.

8 Barcelona memiliki skuad paling pendek. Rata-rata pemain Los Azulgrana hanya setinggi 178,53 cm.

9 Sebanyak 68 negara terwakili dari para pemain di ajang antar klub Benua Biru paling ditunggu ini.
 GO

No comments:

Post a Comment