Friday, August 3, 2012

Naturalisasi Greg Nwokolo dan 5 Pemain Lainnya Sudah Beres

Enam pemain asing yang sebelumnya menjalani proses naturalisasi, kini prosesnya dikabarkan mencapai tahap akhir, yakni tahap pengambilan sumpah.

Sebelumnya, enam pemain, antara lain, Tonny Kusel, Sergio van Dijk, Jhonny van Beukering dan Stefano Lilipaly dan dua pemain yang sudah tak asing lagi di Indonesia, Victor Igbonefo (Persipura Jayapura) dan Greg Nwokolo (Persija Jakarta), menjalani proses naturalisasi yang cukup panjang.

Kini, setelah Surat Pertimbangan Kewarganegaraan Republik Indonesia yang diajukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang telah ditandatangani dalam sebuah Keppres, keenam pemain tersebut siap didaftarkan kepada FIFA untuk masuk dalam skuad Timnas Indonesia yang berlaga di Pra Piala Dunia 2014.

"Untuk para pemain yang akan dinaturalisasi itu Keppres-nya sudah turun dari Presiden dan bisa segera disumpah, untuk kapan disumpahnya saya belum tahu kapan" ujar Nurhikmat Hamzah, Kasubdit Naturalisasi Pewarganegaraan Direktorat Tatanegara Dirjen Administrasi Hukum Umum Kemenkum HAM.

Secara terpisah, Ketum PSSI, Djohar Arifin mengungkapkan bahwa para pemain naturalisasi tersebut bisa masuk dalam skuad Timnas Senior untuk menggantikan pemain-pemain yang sedang cedera.

"Masih bisa didaftarkan, setidaknya seminggu sebelum pertandingan," jelas Djohar, Jumat (09/9), di kantor PSSI.

Namun, Djohar juga tetap menyerahkan keputusan tersebut kepada pelatih timnas, Wim Rijsbergen, apakah akan memasukkan mereka atau tidak.

 GO

No comments:

Post a Comment