Wednesday, July 20, 2011

UEFA Rilis Penghargaan Baru

Badan tertinggi sepakbola Eropa ini baru saja meresmikan penghargaan baru untuk para pebola profesional di Eropa, yakni Pemain Terbaik UEFA di Eropa [UEFA Best Player in Europe].

Serah terima penghargaan untuk pemain terbaik EUFA 2010/11 yang berkiprah di Eropa dijadwalkan akan dilaksanakan pada 25 Agustus di Monaco, Prancis. Namun kali ini, penghargaan tersebut berbeda dari sebelumnya.

Berdasarkan gagasan bentukan presiden UEFA Michel Platini, dengan tujuan untuk menyalakan kembali gelaran terdahulu, Penghargaan Pemain Terbaik Eropa [European Footballer of the Year/Ballon d'Or], UEFA yang bermitra dengan European Sports Media [ESM], akhirnya meluncurkan ajang gres berlabel penghargaan "Pemain Terbaik UEFA di Eropa" [UEFA Best Player in Europe].

Penyerahan status sebagai yang terbaik bagi setiap pemain yang berkelana di Eropa ini sendiri bakal digelar berbarengan dengan undian babak grup Liga Champions 2011/12 pada 25 Agustus mendatang.

Penghargaan rilisan teranyar ini bertujuan untuk mengakui status sang pemain terbaik, terlepas dari asal kebangsaannya, yang telah bermain untuk sebuah klub sepakbola dalam lingkup asosiasi nasional anggota UEFA selama musim klub yang bersangkutan bergulir, dan dalam penghargaan tahun ini, pertimbangannya yaitu penampilan di musim kemarin.

Para calon peraih gelar individu ini bakal dinilai dari performa mereka sepanjang musim 2010/11 di semua kompetisi yang dilakoninya seperti di ajang domestik dan internasional, baik di level klub ataupun timnas.

Menyoal juri, UEFA menetapkan, terdiri dari 53 jurnalis sepakbola kenamaan yang mewakili setiap anggota asosiasi nasional badan tertinggi sepakbola Eropa tersebut yang bakal ambil bagian dalam menyampaikan penilaian dan hak suaranya.

Pertama, masing-masing wartawan berhak menyampaikan lis tiga terbaik versinya, di mana yang berada di urutan pertama mendapatkan poin lima, dan di tempat kedua memperoleh poin dua dan di posisi ketiga mendapat satu poin.

Dari sejumlah pemain yang masuk kategori, tiga pemain yang paling banyak mengumpulkan poin di fase pertama sesi voting, maka mereka layak masuk dalam fase terakhir sesi voting yang bakal diselenggarakan di Monaco nanti untuk mengukuhkan status sebagai Pemain Terbaik UEFA di Eropa.

Nama bakal kandidat tiga terbaik, bersama dengan hasil voting secara total, bakal diumumkan pada 25 Juli di UEFA.com.

 GO

No comments:

Post a Comment