Wednesday, July 20, 2011

Preview Pertandingan Paraguay vs Venezuela

Paraguay dan Venezuela bertemu kembali untuk kedua kalinya di Copa America 2011, setelah pada duel pertama di penyisihan Grup B kedua tim bermain imbang 3-3.

Pada pertandingan terakhir penyisihan grup tersebut, Paraguay sempat unggul 3-1 hingga menit 86, namun Lo Vintoninto melakukan comeback gemilang melalui dua gol Miku dan Grendy Perozo. Hasil imbang 3-3 membawa kedua tim ke perempat final. Venezuela sebagai runner up di bawah Brasil, Paraguay berhak atas status peringkat tiga terbaik.

Di perempat final, Paraguay secara mengejutkan mengirim juara bertahan Brasil pulang lebih awal. Selecao yang juga menjadi favorit kuat juara setelah sehari sebelumnya Argentina tersingkir, gagal mengeksekusi empat tendangan penalti.

Sementara itu Venezuela mencatat sejarah untuk pertama kalinya ke semifinal dengan meraih kemenangan 2-1 atas Chile. Venezuela tercatat sebagai satu-satunya tim yang lolos ke semifinal tanpa harus melalui babak perpanjangan waktu.

Venezuela yang melaju ke perempat final saat menjadi tuan rumah Copa America 2007 lalu, juga mencatat hasil fantastis dengan belum pernah terkalahkan dari tiga tim kontestan Piala Dunia (Brasil, Chile, Paraguay) dan mengalahkan Ekuador.

Paraguay mencatat rekor unik dengan menjadi satu-satunya tim yang belum pernah menang namun melaju hingga semifinal. Pelatih Brasil, Mano Menezes usai tersingkir di perempat final mengatakan, "Kami tak beruntung, kami tersingkir dari tim yang belum pernah menang,"

Paraguay tercatat hanya sekali menang dalam delapan laga terakhir. Satu-satunya kemenangan diraih atas Rumania pada laga uji coba awal Juni lalu. Sisanya, Lucas Barrios dkk mencatat sekali kalah (lawan Bolivia) dan enam kali imbang.

Rekor Venezuela cukup impresif. Sejak kalah 0-3 dari juara dunia Spanyol (8/6), skuad Cesar Farias belum tersentuh kekalahan.

Venezuela dipastikan tanpa gelandang sentral Tomas Rincon yang mendapat kartu merah saat lawan Chile, sementara Paraguay tak diperkuat Antolin Alcaraz yang pada laga sebelumnya juga mendapat kartu merah karena berkelahi dengan gelandang Brasil, Lucas.

Bagaimana peluang kedua tim? Paraguay harus berani mengubah gaya bertahan ortodoks yang menjadi trademark mereka selama ini untuk keluar menyerang menembus pertahanan Vizcarrondo dkk. Paraguay punya pemain-pemain berkarakter menyerang pada Estigarribia, Riveros, Haedo Valdez, Santa Cruz, dan Barrios.

Sementara itu Venezuela bertekad mencatat sejarah menembus final. Selama ini di negara tersebut sepak bola masih kalah populer dari baseball bahkan mungkin telenovela. "Target kami sejak awal kompetisi tak berubah, kami ingin juara," tegas kiper Venezuela, Renny Vega.

Di final, pemenang dari laga ini akan berhadapan dengan Uruguay yang mengalahkan Peru 2-0 pada semifinal, Rabu (20/7).

Prakiraan susunan pemain:

Paraguay: Villar, Da Silva, Veron, Torres, Riveros, Vera, Barreto, Estigarribia, Caceres, Haedo Valdez, Barrios

Venezuela: Vega, Vizcarrondo, Rosales, Perozo, Cichero, Arango, Gonzalez, Lucena, Maldonado, Arismendi, Rondon (bola/zul)

 GO

No comments:

Post a Comment