Sunday, August 7, 2011

Rivalitas Di Kota Manchester Akan Semakin Sengit

Rivalitas di kota Manchester akan semakin sengit kala kedua tim besar dari kota itu bertemu untuk memperebutkan Trofi Community Shield di stadion Wembley, Minggu (07/8).

Manchester United yang menjadi kampiun Liga Primer Inggris akan berhadapan dengan Manchester City yang berhasil mengangkat trofi Piala FA musim lalu. City terakhir kali menikmati gelar juara Liga Inggris di tahun 1968, pada saat yang sama, rival mereka, Manchester United berhasil keluar sebagai juara Eropa untuk pertama kalinya.

Ferguson yang merasa digdaya dengan kekuatan timnya mengatakan butuh tantangan yang lebih sengit lagi dari dua klub kaya, Chelsea dan Manchester City, yang disebutnya berpeluang untuk menyulitkan langkah United untuk mempertahankan trofi Liga Inggris.

"Kami mengharapkan tantangan dari kedua tim itu," kata Ferguson seperti yang dikutip oleh Inside United.

Sementara City, bersama Roberto Mancini mulai memperlihatkan perkembangan pesat ketika berhasil finis di peringkat tiga besar di musim lalu. Hal ini membuat mereka berhak tampil di Liga Champions tanpa melalui laga kualifikasi.

Dan demi mewujudkan ambisinya untuk meraih gelar Liga Inggris, City tak berhenti memboyong pemain kelas dunia ke Eastlands. Rekrutan besar mereka sampai sejauh ini adalah mendatangkan penyerang timnas Argentina, Sergio Aguero. Laga ini berpotensi besar menjadi debut Aguero di Inggris bersama City menyusul absennya striker utama The Citizen, Carlos Tevez.

Sedangkan kubu Manchester dipastikan tanpa tiga pilar mereka, Michael Carrick masih dalam perawatan cedera otot, Rafael mendapat cedera ringan kala menghadapi Barcelona, dan Javier Hernandez masih dalam proses pemulihan gegar otak ringan yang dideranya.

Prediksi dan Perkiraan Susunan Pemain:

Manchester United adalah raja di ajang Community Shield ini, total Setan Merah telah mengoleksi 18 gelar. United juga sudah tampil sebanyak 6 kali dalam laga ini dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, dan pertandingan nanti bakal menjadi laga ke-7 mereka dalam 10 tahun terakhir.

Pemain veteran MU, Ryan Giggs menjadi pemain yang tampil paling banyak di laga ini. Giggs tercatat tampil sebanyak 13 kali dalam ajang ini, dengan 8 diantaranya berujung pada kemenangan United.

Manchester City terakhir kali beraksi di Community Shield pada tahun 1973, kala itu mereka dipaksa mengakui keunggulan Burnley dengan skor tipis, 1-0. City dan United terakhir kali bertemu di Community Shield pada tahun 1956, saat itu United yang keluar sebagai pemenang.

Dari tahun 1997 hingga 2004 ada semacam "kutukan" jika tim yang menang di ajang Community Shield akan gagal meraih trofi LIga Inggris. Namun hal ini berubah dalam beberapa tahun terakhir. Dalam 6 musim terakhir tim yang menang di laga ini keluar sebagai juara Liga Inggris.

Berat rasanya melihat siapa yang akan keluar sebagai pemenang, kekompakan tim United yang meraih gelar Liga Inggris musim lalu bakal kesulitan meladeni skuad mahal milik City. Terbukti City keluar sebagai pemenang pada pertemuan terakhir mereka di semifinal Piala FA. Namun pada waktu itu, Fergie tidak leluasa karena konsentrasi mereka terpecah kepada Liga Inggris dan Liga Champions.

Jika melihat pada tradisi dan sejarah, sudah tentu statistik akan memihak kepada Manchester United. Mental pemain Setan Merah sudah terbentuk untuk terbiasa mengangkat trofi Community Shield di awal musim. Berbeda dengan City yang masih harus menemukan harmoni permainan mereka seiring kedatangan pemain baru.

Jika ada dua tim kuat bertarung, maka kuncinya terletak kepada siapa yang pertama kali mencetak gol. Tim yang mencetak gol pertama bisa meningkatkan moral tim dan menjatuhkan mental lawan. Melihat sejarah dan komposisi tim yang lebih kompak secara permainan, rasanya kemenangan tipis akan menjadi milik Sir Alex dan pasukannya.

Manchester City (4-3-3): Hart; Richards, Kompany, Lescott, Clichy; Milner, De Jong, Toure Yaya; Silva, Balotelli, Aguero.

Manchester United (4-4-2): De Gea; Jones, Vidic, Ferdinand, Evra; Young, Jones, Anderson, Nani; Rooney, Berbatov.

 GO

No comments:

Post a Comment