Thursday, August 11, 2011

Mutu Dilarang Bela Timnas Seumur Hidup

Federasi sepakbola Rumania (RFF) mengambil tindakan tegas terhadap pemainnya yang tidak disiplin. Adrian Mutu dan Gabriel Tamas menjadi korban peraturan tegas RFF.

Hukumannya pun tak main-main, malah mungkin bisa masuk kategori kejam. Ya, Mutu (striker Cesena) dan Tamas (bek West Bromwich Albion) mendapat sanksi larangan tampil membela timnas Rumania untuk seumur hidup. Keputusan ini diambil RFF setelah kedua pemain ketahuan menenggak minuman keras sebelum Rumania melakoni laga persahabatan kontra San Marino, kemarin.

“Kedua pemain resmi dikeluarkan dari timnas untuk seumur hidup,” ujar pelatih Victor Piturca selepas duel kontra San Marino yang berakhir dengan kemenangan 1-0 untuk Rumania.

“Keputusan ini memang mengecewakan, namun peraturan harus ditegakkan dan mereka seharusnya tahu itu,” sambungnya dikutip Mail Online, Jumat (12/8/2011).

Keputusan ini jelas memberikan dampak besar bagi skuad Rumania, di mana Mutu dan Tamas merupakan sosok penting dalam skuad Tricolorii -julukan Rumania-. Apalagi, kurang dari sebulan Rumania akan menjalani laga lanjutan kualifikasi Euro 2012 melawan Luksemburg (2/9) dan Prancis empat hari berselang (6/9).

Bagi Mutu, kasus indisipliner seperti bukan pertama kali dilakukan pemain yang sempat memperkuat Chelsea, Juventus dan terakhir Fiorentina. Pada 2004 lalu (saat masih di Chelsea), Mutu harus dihukum larangan bermain setahun karena menggunakan kokain. Hingga kini, Mutu masih berhutang 15 juta poundsterling kepada Chelsea.

Januari 2010 (di Fiorentina), Mutu kambali dihukum sanksi larangan tampil selama sembilan bulan, lantaran gagal lolos tes doping. Terkini, pada Oktober lalu, Mutu juga terlibat keributan di sebuah bar dan membuatnya hampir terbuang dari skuad Fiorentina di bursa transfer musim dingin, kendati pada akhirnya pihak Fiorentina melepasnya ke klub promosi Cesena, di bursa transfer musim panas ini.

Di timnas, Mutu sebenarnya memiliki karier yang cukup bagus. Bergabung dengan Tricolorii sejak tahun 2000, Mutu menjadi salah satu bomber andalan dengan lesakkan 32 gol dari total 70 laga yang dimainkannya.



 GO

No comments:

Post a Comment